Tuesday, April 24, 2018

Tentang Binsus Featured

Written by 
Rate this item
(6 votes)

SMA Kristen 2 (Binaan Khusus) Tomohon (kata "Binaan Khusus" biasa disingkat Binsus) atau yang biasa disebut Binsus Tomohon atau Smaker Binsus adalah salah satu sekolah berasrama yang terletak di Kota Tomohon provinsi Sulawesi Utara. Kata 'Binsus' menandakan bahwa siswa-siswi SMA Kristen 2 Tomohon dididik dan dibina secara khusus baik di sekolah maupun di asrama. SMA Kristen 2 Binsus Tomohon sebenarnya merupakan sama dengan SMA pada umumnya, tapi memiliki sedikit perbedaan dalam sistem pembelajaran dan kehidupan sehari-hari para siswa.

Lokasi SMA Kristen 2 Binsus Tomohon berada di antara dua sekolah, yaitu SMA Kristen 1 Tomohon dan SMK Kristen 2 Tomohon. Ketiga sekolah tersebut merupakan sekolah milik Yayasan GMIM Ds. A.Z.R Wenas, begitu juga dengan SMA/SMK Kristen lainnya yang ada di Tomohon.

SMA Kristen 2 Binsus Tomohon dulunya bernama SMU Kristen Model, dan merupakan kelas Binaan Khusus (Binsus) dari SMU Kristen Tomohon (sekarang SMA Kristen 1 Tomohon), yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Sidang Badan Pekerja Sinode Lengkap (SBPSL) GMIM ke-71 di [[Tenga]] tanggal 30 Maret - 2 April 1993 tentang Program Umum dan ABP GMIM 1993-1994, Bab I butir c. nomor 6.1.1. Dalam permulaan Tahun Ajaran 1993-1994, YPPK-GMIM memberikan gedung bekas SMKK Kristen Tomohon yang terletak di samping barat lokasi SMU Kristen Tomohon. Kegiatan belajar mengajar dan administrasi SMU Kristen Model ditangani oleh SMU Kristen Tomohon.

Akhirnya, berdasarkan Keputusan Rapat Badan Pekerja Sinode Lengkap GMIM ke-15 Tahun 2002 di Jemaat "Torsina" Tumumpa Wilayah Manado Utara III, maka Kelas Binaan Khusus pada SMU Kristen Tomohon, ditingkatkan/dimekarkan menjadi institusi yang berdiri sendiri menjadi SMU Kristen 2 (Binaan Khusus) Tomohon, dan SMA Kristen Tomohon berganti nama menjadi SMA Kristen 1 Tomohon.

Semua siswa SMA Kristen 2 Binsus Tomohon diwajibkan tinggal di asrama. Asrama siswa Binsus terdiri dari asrama putra dan asrama putri. Di kawasan asrama juga terdapat fasilitas sekolah seperti laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan perpustakaan. Selama tinggal di asrama, para siswa dilatih untuk bisa mandiri dan mengembangkan rasa kebersamaan antar siswa. Aktivitas belajar juga dilaksanakan di asrama, yaitu pada kegiatan belajar malam. Para siswa bisa pulang ke rumah masing-masing dua minggu sekali.

Untuk menyalurkan bakat para siswa di berbagai serta melatih jiwa kepimpinan mereka, pihak sekolah menyediakan berbagai macam pilihan kegiatan ekstra-kurikuler. Ekstrakurikuler terbagi dalam :

  • Ekstrakurikuler Seni
  • Ekstrakurikuler Olahraga
  • Ekstrakurikuler Kerohanian
  • lainnya

 

Read 2582 times Last modified on Saturday, 22 March 2014 11:03
Super User

Aenean volutpat adipiscing mi. Maecenas a aliquam diam. Curabitur auctor, nulla ut rhoncus semper, mauris eros hendrerit m.

Website: www.7studio.eu
More in this category:

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.